Pemanfaatan Sedotan Bekas sebagai Alat Peraga
dalam Pembelajaran Materi Dimensi Tiga
Manfaat penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika sudah tidak diragukan lagi, karena dengan adanya alat peraga dapat mengkonkretkan konsep yang sebelumnya abstrak dan sulit di pahami siswa. Sehingga dengan adanya alat peraga memudahkan siswa memahami konsep yang sedang dipelajari.
Salah satu materi yang memerlukan alat peraga adalah materi Dimensi Tiga. Pada materi Dimensi Tiga siswa akan belajar mengenai konsep kedudukan titik, garis dan bidang dalam suatu bangun ruang seperti kubus, balok atau limas. Disamping itu siswa juga akan mempelajari tentang jarak dan sudut dalam bangun ruang tersebut.
Oleh karena itu diperlukan alat peraga yang dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi pelajaran tersebut. Alat peraga yang digunakan berupa kerangka bangun ruang seperti kerangka kubus, kerangka balokmaupun kerangka limas.
Dalam pembelajaran Dimensi Tiga ini alat peraga yang digunakan dibuat dari sedotan bekas. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter positif pada siswa untuk peduli terhadap lingkungan.
Seperti kita ketahui sekarang sedang marak gerai-gerai yang menjual minuman-minuman kekinian dengan berbagai variasi. Gerai-gerai minuman kekinian tersebut begitu laris manis diminati oleh anak-anak muda. Hal ini tentu berdampak positif terhadap perekonomian namun disamping itu juga menimbulkan dampak negatif berupa sampah bekas tempat minuman sekali pakai berupa gelas plastik maupun sedotan. Gelas-gelas plastik biasanya akan dikumpulkan oleh pemulung karena masih bernilai ekonomis dan bisa disetor atau dijual ke BANK Sampah maupun pengumpul barang bekas, namun sampah sedotan bekas biasanya hanya dibuang saja karena tidak diterima di BANK Sampah.
Hal ini lah yang mendasari pembuatan alat peraga dari sedotan bekas. Diharapkan dengan pemanfaatan sedotan bekas dapat mengurangi sampah yang semakin menumpuk. Diharapkan pula siswa menjadi lebih perduli terhadap lingkungan.
Salah satu materi yang memerlukan alat peraga adalah materi Dimensi Tiga. Pada materi Dimensi Tiga siswa akan belajar mengenai konsep kedudukan titik, garis dan bidang dalam suatu bangun ruang seperti kubus, balok atau limas. Disamping itu siswa juga akan mempelajari tentang jarak dan sudut dalam bangun ruang tersebut.
Oleh karena itu diperlukan alat peraga yang dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi pelajaran tersebut. Alat peraga yang digunakan berupa kerangka bangun ruang seperti kerangka kubus, kerangka balokmaupun kerangka limas.
Dalam pembelajaran Dimensi Tiga ini alat peraga yang digunakan dibuat dari sedotan bekas. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter positif pada siswa untuk peduli terhadap lingkungan.
Seperti kita ketahui sekarang sedang marak gerai-gerai yang menjual minuman-minuman kekinian dengan berbagai variasi. Gerai-gerai minuman kekinian tersebut begitu laris manis diminati oleh anak-anak muda. Hal ini tentu berdampak positif terhadap perekonomian namun disamping itu juga menimbulkan dampak negatif berupa sampah bekas tempat minuman sekali pakai berupa gelas plastik maupun sedotan. Gelas-gelas plastik biasanya akan dikumpulkan oleh pemulung karena masih bernilai ekonomis dan bisa disetor atau dijual ke BANK Sampah maupun pengumpul barang bekas, namun sampah sedotan bekas biasanya hanya dibuang saja karena tidak diterima di BANK Sampah.
Hal ini lah yang mendasari pembuatan alat peraga dari sedotan bekas. Diharapkan dengan pemanfaatan sedotan bekas dapat mengurangi sampah yang semakin menumpuk. Diharapkan pula siswa menjadi lebih perduli terhadap lingkungan.
11 Komentar
MasyaAllah, cara ini sangat berguna untuk siswa bu..
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMasyaAllah, cara ini sangat berguna sekali bu, selain itu juga belajar jadi lebih asik dan mudahh😍
BalasHapusCara ini sangat bermanfaat untuk anak anak dalam belajar mtk, selain caranya
BalasHapusyg mudah ide ini juga mmbuat siswa menjadi kreatif .. The best lah👍
MasyaAllah,,cara ini sangat bermanfaat sekali bu..selain untuk pembelajaran cara ini mungkin bisa juga mengatasi masalah lingkungan dan membuat siswa menjadi lebih kreatif..
BalasHapusMasyaAllah,,cara ini sangat bermanfaat sekali bu..selain untuk pembelajaran cara ini mungkin bisa juga mengatasi masalah lingkungan dan membuat siswa menjadi lebih kreatif..
BalasHapusMasyaAllah... Dengan cara ini pembelajaran jadi lebih mudah dipahami dan membuat siswa lebih bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang masih bisa didaur ulang 👍
BalasHapusmasyaallah, cara ini sangat bermanfaat karena lebih mudah paham.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMasyaAllah, dengan adanya cara pembelajaran seperti ini pembelajaran lebih mudah dipahami dan juga membuat siswa mengeluarkan kreativitasnya
BalasHapusassalamu alaikum bu...
BalasHapus